Cara Menyimpan ASI yang Benar di Freezer Kulkas

Cara Menyimpan ASI yang Benar di Freezer Kulkas – Bila anda seorang wanita yang kebetulan juga seorang wanita karir, maka pasti anda akan melakukukan kewajiban seorang ibu untuk anaknya yang masih usia bayi. Kesibukan seorang ibu tidak seharusnya menjadi alasan untuk menghentikan pemberian ASI eksklusif untuk si kecil. Hal ini dapat terus diberikan kepada buah hati anda. Berikut beberapa yang harus anda perhatikan untuk penyimpanan asi yang benar.

Cara Menyimpan ASI yang Benar di Freezer Kulkas

Cara Menyimpan ASI (sobatcantik)

Cara Menyimpan ASI yang Benar di Freezer Kulkas :

1. Wadah penyimpanan asi
Gunakan wadah penyimpanan asi yang telah direkomendasikan seperti plastik yang food grade atau bahan sejenis gelas, namun anda juga harus memastikan kesterilan wadah penyimpanan  asi anda. Beberapa cara menyimpan asi dibawah ini mungkin bisa membantu anda bagi pemula yang ingin menstok asi untuk buah hati anda:
a. Cucilah tangan hingga bersih
b. Sebaiknya beri laberl tanggal, hari dan jam penyimpanan anda sebelum dimasukkan, hal ini memudahkan anda untuk memberikan asi urut dengan jadwalnya.
c. Untuk menghindari asi terbuang saiapkan satu kali penyajian
d. Simpan asi di dalam frezer
e. Jika anda ingin menambahkan asi kewadah yang belum terisi penuh, dinginkan dahulu asi yang selama satu jam di dalam kulkas. Setelah itu anda dapat mencampurnya dengan asi yang sudah beku.

2. Batas waktu penyimpanan asi
Jika anda membiarkan asi berada di dalam suhu ruangan asi dapat bertahan selama 8 jam.  Jika anda meletakkan di dalam kulkas biasa dapat bertahan selama 2×24 jam. Dan bila anda meletakkan di dalam freezer yang tidak terpisah dapat bertahan 3-4 bulan. Untuk sebagian asi akan mengental dan melekat pada bagian wadah. Namun jangan dicairkan dalam suhu ruangan apalagi mencairkan dalam microwave dan jangan mengocoknya cukup goyang goyangkan wadahnya hingga menyatu.

3. Cara mencairkan asi yang beku
a. Pilihlah asi yang disimpan paling lama terlebih dahulu
b. Asi yang beku harus disimpan di lemari es di bagian bawah agar dapat mencair sendiri selama kurang lebih 24 jam.
c. Kemudian celupkan wadah asi kedalam air hangat hingga tercelup bagian tutupnya. Namun tidak diusarankan bagi anda memanaskan asi dalam kompor atau wadah microwave. Dan jangan membiarkan di dalam suhu ruangan karena hal ini akan membuat mudahnya bakteri ruangan masuk kealam asi yang telah steril tersebut. Asi yang sudah dihangatkan tidak boleh dikembalikan lagi ke dalam almari es.

Semoga bermanfaat artikel Cara Menyimpan Asi Yang Benar di atas, bagi para ibu muda dan yang baru pemula ingin memberikan asi ekslusif namun terhalang oleh kerjaan namun tidak menghalangi tugas seorang ibu untuk tetap memberikan asi ekslusif untuk buah hati tercinta.

Baca juga : Cara Cepat Mengobati Sakit Tenggorokan Saat Hamil

Cara Menyimpan ASI yang Benar di Freezer Kulkas | Yani Nardin | 4.5