Surga Itu Bernama Bromo Tengger Semeru, Malang

Bromo merupakan surga yang nyata yang diciptakan Tuhan di negeri ini. Bukan tanpa sebab Bromo disebut sebagai surga, karena panorama alamnya yang sangat menawan dan pastinya membuat kita kagum terhadap ciptaanNya. Gunung Bromo yang terletak di kawasan Bromo Tengger Semeru dan berdampingan dengan Gunung Semeru, merupakan bukti romantisme Tuhan kepada umatNya. Sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia bangga memiliki potensi alam yang luar biasa ini. Bromo yang menjadi destinasi favorit bukan hanya untuk domestik, tetapi juga internasional, pasti kita sempat berfikir bahwa untuk menuju kesana itu mahal. Tetapi tenang karena Bromo ga semahal yang kamu pikirkan, dan untuk menuju kesana pun sangat mudah. Kami akan memberikan tips untuk kamu yang mau berkunjung ke Bromo.

Apabila kamu dari Jakarta, kamu bisa langsung terbang ke kota tujuan yang dekat dengan Gunung Bromo, yaitu kota Malang. Dari Jakarta, sebaiknya kamu memilih flight yang siang, supaya kamu bisa tiba di Malang sore. Untuk pesawatnya ada Sriwijaya, Citilink dari Halim, Batik dari Halim, dan Garuda Indonesia. Untuk pemesanan tiket pesawat, kamu ga perlu repot deh dateng ke agen tiket karena sekarang sudah tersedia beragam aplikasi booking pesawat, salah satunya Traveloka yang selalu mendapatkan potongan harga untuk pembelian tiket pesawat.

Setibanya kamu di Malang, kamu bisa langsung menuju Hotel terlebih dahulu untuk istirahat, karena perjalanan menuju Bromo dimulai jam 1 pagi, sehingga kamu perlu istirahat terlebih dahulu. Nah untuk hotel yang berada di pusat kota Malang dan dekat bandara itu cukup banyak, salah satunya adalah Hotel Amaris Malang yang berada di jalan Let jend Sutoyo no.39 yang sangat strategis baik dari Bandara maupun Kota Malang. Buat kamu yang berencana menginap di Hotel Amaris Malang, kamu bisa memesannya jauh-jauh hari lho yaitu menggunakan aplikasi booking hotel seperti Traveloka.com yang memberikan harga tidak bohong tanpa ini itu.

Hotel MalangKalau kamu mau ke Bromo, kamu bisa menggunakan jasa rental jeep yang sangat banyak di Kota Malang. Cara ini jauh lebih praktis dan juga cukup murah karena kamu akan dijemput langsung di depan hotel tanpa harus ke Tumpang terlebih dahulu. Tarif yang dikenakan biasanya hanya 1.200.000 rupiah yang bisa dibagi untuk 6 orang atau 200ribu perorang dan kamu akan langsung mendapatkan fasilitas seperti antar jemput di depan hotel, lalu kamu akan mengeksplore ria seluruh surga di Bromo seperti Penanjakan 1, Pasir berbisik, Savana Bromo, dan Kawah Bromo, tetapi belum termasuk tarif tiket masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk kapasitas jeep, usahakan group kamu ada 6 orang ya jangan kurang atau lebih supaya lebih murah dan nyaman pastinya.

Tour Bromo biasanya di mulai pada dini hari, kamu akan dijemput oleh jeep jam 1 pagi karena kamu akan menikmati sunrise di Pananjakan 1 Bromo. Jangan lupa memakai pakaian yang hangat ya karena suhu di Pananjakan Bromo itu dingin banget. Perjalanan dari Kota Malang menuju Pananjakan Bromo akan memakan waktu tempuh lebih kurang 2 jam setengah karena kamu akan melewati pasir berbisik terlebih dahulu. Oh ya buat kamu yang suka mabok darat, sebaiknya tidur di jeep ya karena kontur jalannya yang ekstrim naik turun dan tikungannya.

Setelah kamu tiba di parkiran jeep Pananjakan 1 Bromo, kamu tinggal melanjutkan perjalanan sedikit dengan jalan kaki untuk menuju Pananjakan point, ga perlu takut capek karena  deket kok dari parkiran. Nah sesampainya di Pananjakan satu, apabila cuaca sangat cerah, kamu dapat melihat dengan jelas Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan juga hamparan bintang di angkasa, pokoknya indah banget! Oh ya buat kamu yang pakaian hangatnya kurang menghangatkan badan atau kurang lengkap, di Pananjakan Bromo tersedia sewa jaket yang cukup tebal, syal, dan juga sarung tangan. Cuaca di Pananjakan saat dini hari dingin banget, apalagi kalau musim kemarau.

Setelah penantian panjang menunggu matahari terbit, moment yang kamu tunggu akan tiba, siapkan alat perangmu yaitu seperangkat kamera baik DSLR atau Smartphone dan juga handycamp guna mengabadikan moment yang sangat indah ini, dijamin kamu ga akan pernah lupa akan sunrise di Pananjakan Bromo!

Sunraise Gunung BromoSetelah matahari terbit, kamu bisa dengan jelas melihat panorama Bromo yang sangat luar biasa indahnya, siap-siap terpukau melihat jajaran pegunungan Tengger dengan puncak tertinggnya yaitu Mahameru yang terlihat gagah mendampingi Bromo.

Gunung BromoSetelah kamu puas menikmati panorama Bromo dari Pananjakan, saatnya untuk turun menuju spot selanjutnya yaitu Kawah Bromo, Pasir Berbisik dan Savana Bromo. Buat kamu yang ingin menuju Kawah Bromo, maka jeep kamu akan parkir jauh dari kawah dan kamu bisa melanjutkan perjalanan kesana dengan jalan kaki atau kalau tidak mau capek, kamu bisa menunggang kuda dengan tarif 100-125ribu PP dari parkiran jeep ke titik pendakian awal kawah Bromo. Nah sesampainya di titik pendakian awal kawah, maka perjalanan akan kamu lanjutkan dengan jalan kaki menaiki 250 anak tangga. Tenang, ga bikin capek kok hehe dijamin setelah kamu sampai di atas dan meilhat kawah Bromo, capek kamu akan hilang. Setelah dari kawah, maka perjalanan kamu akan berlanjut di Pasir Berbisik dan Savana Bromo. Di Pasir Berbisik, kamu bisa menikmati lautan pasir yang sangat lembut, permukaannya panas tetapi ketika kamu mencoba menenggelamkan kaki, di dalem pasirnya itu dingin lho. Jangan lupa foto di landmark nya pasir berbisik yaitu batu singa. Di Savana Bromo, kamu akan melihat jajaran bukit di mana banyak turis menyebut bukit Teletubbies karena memang bentuknya yang mirip sekali dengan bukit yang ada di film Teletubbies. Jangan lupa untuk berfoto ria ya!

Bukit Teletabis Savana Bromo

5 Bukit Teletabis Savana Bromo

Gambar 5 Bukit Teletabis Savana Bromo. Sumber : Dok Pribadi

Kawah Gunung BromoSetelah itu semua, maka penjelajahanmu di Bromo selesai dan kamu akan diantar kembali oleh jeep yang kamu sewa ke hotel dengan membawa sejuta kenangan indah yang tak terlupakan akan indahnya Bromo. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu yang ingin berpergian ke Gunung Bromo ya!

Surga Itu Bernama Bromo Tengger Semeru, Malang | Nadia Rahma | 4.5

Leave a Reply