Gunung Tertinggi di Indonesia Detail Dengan Letak dan Ketinggiannya

Gunung Tertinggi di Indonesia – Di Indonesia sendiri banyak terdapat gunung-gunung tinggi yang masih aktif, bagi Anda pencinta alam yang suka dengan olahraga ekstrim mendaki gunung. Beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang akan diberikan listnya oleh Harian Anda dapat Anda jadikan referensi.

Untuk Anda yang ingin mendaki gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia, Anda wajib mempunyai teman atau partner yang sudah ahli dalam mendaki gunung. Karena jika tidak maka akan khawatir Anda dapat tersesat dalam perjalanan. Berikut Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia :

gunung-puncak-jaya

Gunung Puncak Jaya @instagram

1. Puncak Jaya
Puncak Jaya ini termasuk puncak gunung tertinggi di Indonesia yang posisinya terletak di pegunungan barisan Sudirman Papua. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 5.030 mdpl. Gunung tertinggi di Indonesia ini juga termasuk gunung tertinggi di dunia. Wow fantastis. Nama lain dari Puncak Jaya ini adalah Puncak Carstensz, Puncak Jayadikesuma, dan Piramida Cartensz. Masyarakat juga punya sebutan lain untuk gunung ini seperti Ngga Pulu, Nemangkawi, dan Ndugundu. Puncak Jaya ini susah sekali untuk mendakinya, karena jalurnya cukup ekstrim. Jika Anda belum profesional, sebaiknya jangan mendaki gunung ini.

gunung-puncak-mandala

Gunung Puncak Mandala @instagram

2. Puncak Mandala
Puncak Mandala ini terletak di Papua yang termasuk bagian dari Pegunungan Jayawijaya. Gunung tertinggi di Indonesia ini terletak di bagian timur Papua dan berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini. Ketinggiannya mencapai 4.760 mdpl serta memiliki julukan sebagai Puncak Juliana pada masa Penjajahan Belanda. Gunung ini sangat menantang bagi para wisatawan lokal dan mancanegara yang mendakinya. Perlu perjuangan ekstra dan persiapan yang matang untuk dapat menaklukkan Puncak Mandala ini. Orang pertama yang berhasil sampai di puncak gunung ini adalah Jan de Wijn, Piet ter Laag, Herman Verstappen, Arthur Escher, dan Max Tissing pada tanggal 9 September 1959. Benar-benar mengagumkan.

gunung-puncak-trikora

Gunung Puncak Trikora @instagram

3. Puncak Trikora
Puncak Trikora ini masih terletak di Papua yaitu bagian timur barisan Sudirman, biasanya disebut sebagai Ettiakup. Puncak ini mendapat julukan Puncak Wilhelmina pada masa penjajahan Belanda. Ketinggiannya mencapai 4.751 meter. Dulunya puncak ini banyak diselimuti oleh salju, namun karena terjadinya pemanasan global pada tahun 1962, salju tidak Nampak lagi di gunung tertinggi di Indonesia ini. Kondisi bebatuan yang terjal, membuat Anda harus ekstra hati-hati jika mendaki gunung ini.

Baca juga : Daftar Gunung Tertinggi di Dunia

gunung-kerinci

Gunung Kerinci @instagram

4. Gunung Kerinci
Gunung ini berada di kawasan Bukit Barisan. Ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Gunung tertinggi di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Ketingggiannya mencapai 4.717 mdpl. Gunung ini menjadi habitat hewan yang sekarang ini terancam punah yaitu hewan Badak dan Harimau Sumatera. Untuk melindungi habitat dari satwa langka tersebut, maka dibangunlah Taman Nasional Kerinci Seblat. Di puncak Gunung Kerinci terdapat kawah dengan air hijau yang indah dan mempesona.

gunung-puncak-rinjani

Gunung Puncak Rinjani @instagram

5. Gunung Rinjani
Gunung ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3.726 mdpl gunung tertinggi di Indonesia ini termasuk dalam gunung yang mempesona di Indonesia. Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk menaiki puncak dari gunung ini. Objek wisata yang ada di gunung ini adalah danau kawah Segara Anak.

Jika Anda ingin menguji adrenalin Anda, mendaki gunung tertinggi di Indonesia ini mungkin bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Perjuangan yang Anda lakukan akan terbayar setelah Anda mencapai puncaknya. Persiapan yang matang dan didampingi oleh ahli yang professional dapat menjadi kunci sukses Anda menaklukkan gunung tertinggi di Indonesia ini.

Gunung Tertinggi di Indonesia Detail Dengan Letak dan Ketinggiannya | Qobil Nabila | 4.5