Tips Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Puasa Ramadhan

Tips Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Puasa Ramadhan – Umat muslim, berpuasa disaat bulan Ramadhan hukumnya wajib, namun tahukah anda bahwa dalam menjalani puasa anda tetap bisa melakukan rutinitas olahraga yang biasanya anda lakukan, untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat.

Tips Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Puasa Ramadhan

Tips Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Puasa Ramadhan (finindonesia)

Berpuasa memang membuat anda cepat lemas dan mengantuk, namun bila anda melakukan olahraga dengan tepat manfaat berolahraga saat berpuasa juga masih bisa didapatkan sesuai dengan porsi olahraga dan tentu kondisi tubuh, berikut beberapa manfaat olahraga saat berpuasa.

Tips Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Puasa Ramadhan :

1. Detoksifikasi tubuh tetap lancar
Detoksifikasi tubuh perlu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh agar tidak menimbun di dalam tubuh manusia, saat berpuasa sistim pencernaan kita sedang istirahat, nah disinilah pentingnya berolahraga saat puasa. Olahraga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Dan disinilah proses detoksifikasi dalam tubuh tetap berjalan lancar.

2. Mengusir rasa malas dan mengantuk
Rasa malas dan mengantuk umum dialami oleh orang yang sedang berpuasa, hal ini dapat mengakibatkan aktifitas fisik menjadi menurun. Sehingga perlu olahraga ringan untuk mengusir rasa malas dan mengantuk saat berpuasa. Dengan berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endofin yang membuat kita senang dan bersemangat.

3. Menurunkan berat badan
Jika anda berpuasa namun tanpa berolahraga sebenarnya justru akan menaikkan berat badan karena nafsu makan semakin tidak terkontrol saat berbuka puasa. Dengan rutin berolahraga terjadi pembakaran energi cadangan yang berupa lemak tubuh, sehingga anda akan mendapatkan tubuh yang kencang tanpa lipatan lipatan.
Berikut adalah jenis jenis olahraga yang baik dilakukan selama puasa seperti:

– Yoga
Yoga merupakan olahraga peregangan otot yang dikombinasikan dengan pengaturan nafas, sehingga olahraga ini sangat digemari dilakukan saat puasa. Hal itu dikarenakan ringan dan tidak harus mengeluarkan banyak keringat.

– Bersepeda
Bersepeda setelah sholat subuh dapat menjadikan alternatif olahraga yang ringan bagi anda yang sedang berpuasa. Energi yang sudah diproses selama berolahraga dapat digunakan untuk beraktifitas selama 10 jam kedepan.

– Aerobik
Bila anda sedang menjalani program diet namun saat kondisi berpuasa olahraga aerobik bisa dijadikan olahraga favorit anda, karena efektif dan berkeringat, namun tentunya anda juga selama sahur harus memiliki asupan air yang cukup dalam menjalani puasa dan dilakukan diwaktu yang pas agar tidak loyo. Waktu yang pas kira kira sore hari sebelum magrib 30 – 60 menit sebelum magrib. Dan perlu diingat jangan lakukan olahraga berat ya, agar anda tidak terlalu dehidrasi dalam melakukan puasa, serta lakukan di tempat yang teduh.

Baca juga : Cara Membuat Perut Six Pack Dengan Cepat Tanpa Alat

Tips Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Bulan Puasa Ramadhan | Adelia | 4.5